Pengantar
Wide game adalah
permainan besar di luar ruangan dengan wilayah yang relatif luas
yang diikuti oleh dua atau lebih regu/tim. Wide game
bersifat permainan kompetisi/pertandingan antar tim atau antar
inidividu, sehingga antara tim yang satu dengan yang lain berusaha untuk
memenangkan pertandingan. Namun demikian upaya meraih kemenangan tersebut tetap
dilakukan dilaksanakan dengan cara-cara yang sportif,
obyektif dan menjunjung tinggi nilai-nilai persaudaraan bakti antar anggota
pramuka.
Wide game disamping dilaksanakan di area yang luas juga dapat dilaksanakan diwaktu malam, sore atau siang hari. Sebagai media pendidikan kepramukaan wide game hendaknya disusun agardengan mempertimbangkan aspek-aspek sbb :
Memiliki
tema atau alur cerita sehingga mampu memotiviasi para peserta untuk
menyelesaikan permainan dengan penuh semangat.
Menjadi
kegiatan yang menyenangkan, penuh tantangan dan mampu mengembangkan kerjasama
tim/regu.
Meningkatkan
ketrampilan menyusun perencanaan, strategi berkompetisi dan implementasi
perencanaan untuk memenangkan pertandingan
Meningkatkan
daya tahan fisik, kreativitas, akal budi dan kemampuan berinisiatif
Pada dasarnya tidak ada aturan baku untuk menyusun
sebuah alur dan aturan main wide games. Sebagai media pendidikan wide
game sangat fleksibel bisa digunakan dengan mengusun tema sejarah,
lingkungan, kebudayaan, kemasyarakatan, pengenalan wilayah, ilmu
pengatuhan dan teknologi dan berbagai tema lainnya.
Target
Wide game
dapat dikemas untuk mencapai target tertentu yang harus dicapai oleh para
peserta. Target-target tersebut misalnya :
Untuk
mencapai tempat tertentu sebagai puncak permainan
Untuk
mencapai beberapa tempat tertentu (pos - pos) sesuai rute yang ditetapkan
Untuk
mendapatkan atau mengumpulkan objek tertentuselama pertandingan
Untuk
melindungi atau merevut objek atau properti tertentu sesuai denga tema
dan skenario yang ditetapkan
Untuk
mmenyelesaikan tugas-tugas tertentu bisa ditiap pos, bisa selama
permainan atau bisa sepanjang perjalanan
Untuk
mendapatkan informasi tertentu sesuai dengan rute dan tema yang ditetapkan
Untuk
bersaing dengan mencegah tim lawan dapat mencapai target yang ditetapkan
Untuk
mencapai tujuan atau tantangan-tantangan yang diberikan.
Instruksi
Untuk menjamin wide game terlakasana
dengan baik dan lancar, maka instruksi-intsruksi harus disusun secara baik,
singkat dan mudah dicerna. Terkait dengan hal ini maka :
Istruksi
harus dipahami sama persis oleh semua peserta dan juga panitia pelaksana
Instruksi
jangan berblit-belit agar tidak menimbulkan kesalahpahaman
Instruksi
harus jelas jangan bermakna ganda agar tidak terjadi salah pengertian
dan salah persepsi
Instruksi
harus lengkap agar tidak ada peluang para peserta utuk mengakalinya
Instruksi
harus jelas dan mencamtumkan hal apa saja yang dapat mengurangi nilai dan juga
hal apa saja yang dapat menjadikan peserta didiskulifiasi (gugur).
Pengorganisasian Tim Peserta
Jumlah tim
atau inividu yang akan ikut serta dalam wide game tidak ada batasan
tergantung dengan jenis permainan, luas area dan tujuan yang ingin dicapai.
Dalam
wide game bisa juga dalam sebuah tim dibagi menjadi ketua dan anggota,
namun juga bisa menjadi tim/kelompok yang cair.
Ada pula wide
game yang hanya diikuti oleh satu tim yang melawan beberapa orang sebagai
lawan tanding. Tim harus mampu mengalahkan lawan-lawannya satu persatu
sampai di akhir babak permainan.
Scoring/penilaian
Mengingat wide game adalah permainan kompetisi maka
harus ada pemenang. Untuk menentukan pemenang dibutuhkan peniaian/scoring.
Dalam menentukan score/nilai para peserta harus dilakukan dengan
hati-hati dan mempertimbangkan berbagai aspek. Penyusunan score/penilaian wide
game bisa dilakukan dengan
Jumlah
anggota tim lawan yang tereliminasi (nilai ditentukan berapa lawan yang bisa
dikalahkan)
Jumlah
item yang dikumpulkan (niai ditentukan berapa benda, soal yang bisa dijawab,
pos yang dilalui oleh sebuah tim)
Lama
waktu bermain (niai ditentukan oleh kecepatan waktu tempuh oleh sebuah
tim di banding tim lain)
Bisa juga
penilaian hanya dilakukan oleh kemampuan tim untuk kembali ke garis finish dan
mampu mengerjakan tugas-tugas yang diberikan.
Lokasi dan Rute
Wide game
dapat dilaksanakan di lapangan terbuka dengan peserta indivisu. Misalnya
sehabis upacara pembukaan kegiatan dilaksanakan permainan besar mencari tanggal
lahir yang sama, hobi yang sama, mencari kawan untuk menyusun dan mencocokan
puzlle, mencari kawan untuk menyusun kaliman dengan kata-kata yang telah
dimiliki,dsb. Peraminan besar ini menarik jika dibatasi waktu.
Namun demikian ada kalanya wide game dilaksanakan di lokasi yang luas dengan rute tertentu, terkait dengan hal ini maka harus diperhatikan :
Namun demikian ada kalanya wide game dilaksanakan di lokasi yang luas dengan rute tertentu, terkait dengan hal ini maka harus diperhatikan :
Lokasi dan
luas wide game juga tergantung pada jumlah peserta, jenis dan tujuan
permainan. Yang harus diperhatikan adalah jangan memilihi daerah yang terlalu
luas dan beresiko terjadi kecelakaan atau kehilangan peserta – aspek
keselamatan harus diutamakan.
Lokasi
atau wilayah yang digunakan hendaknya atas seizing yang berwenang sehingga
dapat memperlancar pelaksanan wide game
Upayakan
Kakak Pembina/Panitia melakukan surevey yang mendalam dan akurat untuk
menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terutama juga aka melaksanakan wide
game di hutan/alam terbuka.
Penyusunan Tema
Keberadaan tema dan alur cerita merupakan ciri pembeda
antara wide game dengan kegiatan permainan lain. Tema dan alur cerita
sangat penting dalam sebuah wide game karena akan memberikan
kerangka kerja, acuan materi, jenis kompetisi, sistem penilaian dan pembentukan
suasana permainan.
Penyusunan tema dan alur cerita wide game sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan tujuan permainan yang diinginkan oleh Kakak Pembina. Tema bisa diikaitkan dengan kehidupan daerah sekitar lokasi, sejarah, lingkungan hidup, patriotisme dan nasionalisme, agama, ilmu pengatahuan dan teknologi, bahasa, dsb. Contoh tema dan alur :
Penyusunan tema dan alur cerita wide game sangat fleksibel sesuai dengan kebutuhan dan tujuan permainan yang diinginkan oleh Kakak Pembina. Tema bisa diikaitkan dengan kehidupan daerah sekitar lokasi, sejarah, lingkungan hidup, patriotisme dan nasionalisme, agama, ilmu pengatahuan dan teknologi, bahasa, dsb. Contoh tema dan alur :
"Di wilayah pertempuran melawan penjajah Belanda
terdapat seorang prajurit yang
luka tembak yang harus segera di evakuasi. Tim evakuasi dipersilakan menuju lokasi
dimaksud dengan menempuh rute yang ditetapkan. Disepanjang rute terdapat pos-pos
yang harus dilelui. Di tiap pos setiap tim akan diberi instruksi agar tidak tersesat
dan ditawan musuh. Selamat berjuang"
Catatan : Untuk implementasi tema di atas, maka tugas di tiap pos bisa diberikan dengan sandi. Di pos bisa ada penjaga namun bisa juga cukup disediakan "kertas instruksi" yang harus dicari dan dipahami isinya (mengenal tanda jejak dan tanda alam). Pemenang permainan ini adalah Tim yang tercepat menemukan prajurit yang luka dan mampu membawa ke pos penyelamatan, tentunya setelah dilakukan pertolongan pertama dan diangakut dengan dragbar (sambil praktek PPPK).
luka tembak yang harus segera di evakuasi. Tim evakuasi dipersilakan menuju lokasi
dimaksud dengan menempuh rute yang ditetapkan. Disepanjang rute terdapat pos-pos
yang harus dilelui. Di tiap pos setiap tim akan diberi instruksi agar tidak tersesat
dan ditawan musuh. Selamat berjuang"
Catatan : Untuk implementasi tema di atas, maka tugas di tiap pos bisa diberikan dengan sandi. Di pos bisa ada penjaga namun bisa juga cukup disediakan "kertas instruksi" yang harus dicari dan dipahami isinya (mengenal tanda jejak dan tanda alam). Pemenang permainan ini adalah Tim yang tercepat menemukan prajurit yang luka dan mampu membawa ke pos penyelamatan, tentunya setelah dilakukan pertolongan pertama dan diangakut dengan dragbar (sambil praktek PPPK).
Keselamatan Permainan
Keselamatan tim harus diutamakan dalam wide game, jangan hanya mengejar tingkat kesulitan yang tinggi namun keselamatan di abaikan. Untuk menjaga keselamatan tim maka perlu :
Pertimbangkan
jika memilih daerah yang bersiko tinggi misalnya tebing, jalan curam, sungai
dalam dan berarus deras, wilayah terpencil dan sebagainya.
Ukur
luas wilayah permainan, pastikan batas-batasanya sudah ditandai misalnya dengan
batas alam (parit, pohon, lembah, dsb) atau tanda-tanda yang dibuat khusus.
Sususn
skenario penyelematan dan pencegahan kecelakaan terutama jika ada peserta yang
tersesat.
Pastikan
para peserta memahami cara-cara meminta dan mendapatkan bantuan jika
sewatu-waktu diperlukan.
Susun tim
"emergency respon" terutama jika permainan ini dilaksanakan dilokasi
yang luas, beresiko tinggi dan menantang.
Pastikan
kode "akhir permainan" misalnya suara suara peluit bisa didengar oleh
seluruh peserta yang sedang berada di lokasi untuk segera mengakhiri permainan
dan kembali ke tempat awal berkumpul.
Tips & Trik
Wide game
adalah media pendidikan oleh sebab itu penerapannya harus mempertimbangkan
aspek kebutuhan, kemampuan dan daya tahan peserta didik. Beberapa hal yang
penting untuk diperhatikan :
Kakak
Pembina sering kali tergoda untuk menyusun tema, memilih lokasi dan menentukan
rute perjalanan yang berat dan menantang. Pilihan ini harus dipertimbangkan
secara matang.
Hendaknya
gunakan penanda-penanda yang mudah dikenali dan dihapus untuk membedakan mana
anggota yang masih hidup mana yang sudah mati dalam permainan. Misalnya :
peserta yang dilengannya masih tertali janur kuning maka ia termasuk
peserta yang masih hidup dan bisa melanjutkan permainan. Yang sudah tidak ada
berarti sudah kalah/mati.
Adakalanya
untuk menandapi peserta yang menang dan kalah bisa menggunakan
"tepung" atau "air" sebagai bom. Peserta yang terka
bom dianggap sudah mati, metode ini memang menyenangkan namun diakhir permainan
membutuhkan alat pembersih.
Jika
permainan mengharuskan peserta untuk 'menemukan sesuatu', maka benda yang harus
ditemukan tersebut harus dicek dan dipastikan tersedia.
Pastikan
para peserta dapat terlibat permainan dalam waktu yang cukup. Hindari ada
peserta yang cepat tereliminasi sehingga hanya duduk dan menonton. Bikin aturan
main yang memungkinan peserta yang tertangkap atau mati bisa hidup kembali -
misalnya dengan bantuan kawan se timnya, dsb.
Pastikan
bahwa ada batas waktu pada seluruh permainan yang sesuai dengan usia peserta.
Jika permainan berlangsung terlalu lama, ada kemungkinan para peserta menjadi
bosan.
Wide
game merupakan media pendidikan yang
bisa dimanfaatkan oleh Kakak Pembina untuk menguji kemampuan para peserta baik
dibidang PPPK, Sandi, Morse dan Semaphoe, Kompas, Peta Perjalanan, Sketsa
Panorama, dan berbagai pengetahuan lainnya.
Pemenang wide
game hendaknya dirancang dalam berbagai kategori tidak
hanya yang tercepat, tertepat, terkuat dan terbesar saja melainkan juga
misalnya terkompak, terceria, terkreatif, tersemangat, dsb. Semakin beragam
kategori semakin terbuka peluang untuk semua tim memperoleh hadiah/penghargaan.